Sehubungan dengan pengubahan sistem masuk ke Republik Turki, per tanggal 11 April 2014 Turki akan
menggunakan fasilitas visa elektronik atau e-Visa. Sistem ini dibuat
untuk memudahkan pengunjung dan petugas imigrasi di bandara karena kerap kali
penggunaan visa stiker yang bisa dibeli langsung di bandara bisa menyebabkan
panjangnya antrean. Nantinya, Travelers yang ingin berkunjung ke Turki bisa
melengkapi pendaftaran di www.evisa.gov.tr.
Untuk lebih detailnya, Kami akan
memaparkan cara
mendapatkan visa elektronik atau e-Visa Turki, berikut ini. Akan ada 9 langkah yang harus dilengkapi dalam pembuatan
e-Visa. Pastikan travelers sudah memiliki dokumen-dokumen penting dan alat
pembayaran berupa kartu kredit.
1. Pertama-tama, bukalah situs www.evisa.gov.tr.
Situs ini tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Perancis.
2. Di halaman muka, Travelers tinggal klik menu “Apply
Now”. Setelah itu akan terbuka halaman baru yang berisi pilihan kebangsaan
(nationality) dan jenis dokumen perjalanan yang digunakan. Setelah mengisi
semua kolom, Anda tinggal klik “Save and Continue”.
3. Masukkan tanggal kedatangan. Pada halaman ini, Anda
akan diinformasikan mengenai masa berlaku visa dan durasi tinggal selama di
Turki. Untuk single entry, masa berlaku visa adalah 180 hari sementara izin
tinggal tak boleh lebih dari 30 hari. Setelah memasukkan tanggal keberangkatan,
Anda tinggal klik “Save and Continue”.
4. Pada halaman selanjutnya, Anda diharuskan mengisi data
pribadi. Setelah itu Anda bisa klik “Save and Continue” untuk melanjutkan.
5. Tahapan selanjutnya adalah memastikan dan
memverifikasi data-data yang telah Anda masukkan. Jika sudah benar semua, Anda
bisa klik “Verify” dan jika ada yang salah maka Anda bisa klik “Edit”
6. Pada tahap ini, aplikasi Anda sudah selesai diunggah.
Harap cek email Anda. Jika tidak menemukannya di inbox maka cobalah untuk cek
folder spam. Selanjutnya Anda tinggal klik tombol hijau bertuliskan
“Approve”.
7. Selanjutnya, Anda akan digiring ke halaman pembayaran.
Masukkan data kartu kredit Anda sesuai dengan data yang diminta. Setelah semua
data dimasukkan, klik “Make Payment”.
8. Setelah pembayaran Anda diterima, Anda akan
mendapatkan pemberitahuan bahwa e-Visa Anda telah dikirimkan ke email Anda. Tak
perlu membuka email karena Anda bisa langsung mengunduh file e-Visa (pdf
format) di halaman konfimasi tersebut. Jika Anda membutuhkan nota pembayaran
atau invoice dari pembayaran visa ini, maka tinggal klik “Payment Invoice”
untuk mengunduhnya.
9. Langkah terakhir adalah simpan data e-Visa Anda dan
kemudian cetak halaman e-Visa tersebut. Tak masalah jika Anda mencetak halaman
e-Visa dengan tinta berwarna ataupun hitam putih. Sebaiknya simpan e-Visa
tersebut di dalam paspor Anda sehingga tidak tertinggal jika waktu
keberangkatan tiba.
9 langkah tadi adalah cara mendapatkan visa
elektronik atau e-Visa Turki. Ternyata mudah, bukan? Selain mudah dan praktis,
penggunaan sistem ini pun sangat menolong Travelers ketika tiba di bandara
nanti karena tidak perlu mengantre. Tentu bagi yang tak sempat mendaftarkan
e-Visa secara online nantinya masih bisa dibantu oleh ‘help desk’ yang berada
di bandara namun hal ini pasti akan memerlukan waktu yang lama karena jumlah
‘help desk’ yang terbatas dan pastinya akan menyebabkan antrean. Selain itu,
‘help desk’ bersifat sementara karena nantinya seluruh proses pendaftaran
dilakukan secara online sebelum waktu keberangkatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar